Soal UTS SMK Kelas X BDP Perencanaan Bisnis
A.
Pilihlah jawaban a, b, c, d, atau e yang paling tepat di tempat yang telah
disediakan!
1.
Keseluruhan faktor atau keadaan
eksternal badan usaha atau industri yang memengaruhi kegiatan dan kinerja
bisnis merupakan lingkungan ….
a.
bisnis b. internal c.
eksternal d. unsur bisnis e. elemen bisnis
2.
Membujuk orang agar mau membeli
produk dan jasa yang kita buat, berkeinginan untuk memakai jasa yang kita tawarkan
sehingga produk dan jasa yang kita buat bisa beredar, berkembang dan dikenal
masyarakat luas sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Hal ini
merupakan ….
a.
produksi masal c. transaksi keuangan e. elemen bisnis
b.
tujuan bisnis d. unsur bisnis
3.
Suatu cara bagaimana karyawan dan
sumber lain (seperti mesin) dapat digunakan oleh perusahaan secara maksimal.
Hal ini merupakan fungsi bisnis berupa ….
a.
manajemen perusahaan c. keuanangn perusahaan e. pemasaran produk
b.
sistem informasi d. akuntansi keuangan
4.
Suatu cara bagaimana produk (jasa)
dikembangkan dan ditentukan harganya, disebarkan dan dipromosikan kepada
pelanggan. Hal ini merupakan fungsi ….
a.
manajemen ritel c. manajemen
personalia e. pemasaran produk
b.
sistem informasi d. akuntansi
keuangan
5.
Suatu hasil informasi yang bisa
digunakan oleh manager perusahaan untuk membuat keputusan penting dalam
berbisnis. Hal ini merupakan fungsi ….
a.
manajemen personalia c. manajemen keuangan e. pemasaran produk
b.
sistem informasi d. akuntansi
keuangan
6.
Lingkungan bisnis yang meliputi
tanah, iklim, topografi, udara, air, dan infrastruktur merupakan ….
a.
lingkungan fisik c. hubungan internasional e. iklim perekonomian
b.
kebijakan pemerintah d. lingkungan demografi
7.
Lingkungan yang memengaruhi
kegiatan usaha perusahaan yang menghasilkan dan mendistribusikan barang atau
jasa merupakan unsur lingkungan bisnis ….
a.
sistem informasi c. skala
internasional e.
perekonomian
b.
kebijakan pemerintah d. sosial budaya
8.
Bantuan pemerintah yang diberikan
di bidang bisnis untuk mengembangkan perusahaan kecil maupun perusahaan besar
merupakan unsur lingkungan bisnis ….
a.
manajemen ritel c. hubungan
internasional e. hubungan multinasional
b.
kebijakan pemerintah d. partisipasi global
9.
Suatu unit bisnis yang tingkat
operasional dan pangsa pasarnya berbeda dalam suatu wilayah, tanpa melewati
batas negara atau di luar kota disebut ….
a.
perusahaan internasional c. perusahaan global e. bisnis tradisional
b.
perusahaan multinasional d. bisnis domestik
10.
Lingkungan bisnis yang mempunyai
hubungan dengan negara lain dan perusahaan asing seperti memiliki pangsa pasar
di luar negeri merupakan tingkatan partisipasi perusahaan ….
a.
hokum perdata c. internasional e. hokum
pidana
b.
multinasional d.
perekonomian
11.
Pasar yang membeli barang dan jasa
untuk dijual kembali dengan mengambil laba, merupakan jenis pasar ….
a.
konsumen b. domestic c.
penjual d. pemerintah e. internasional
12.
Lembaga-lembaga pemerintah yang
membeli produk dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum,
atau mengalihkan barang dan jasa itu kepada pihak lain yang membutuhkan disebut
pasar ….
a.
konsumen b. domestic c.
penjual d. pemerintah e. internasional
13.
Masyarakat keuangan yang memiliki
kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana dari bank, lembaga penanaman modal,
makelar saham, dan para pemegang saham merupakan jenis masyarakat ….
a.
konsumen b. pemasok c.
palanggan d. pemerintah e. keuangan utama
14.
Organisasi yang menyiarkan berita,
karangan, dan tajuk rencana disebut jenis masyarakat ….
a.
media b. bisnis internal c. bisnis eksternal d.
bisnis makro e. bisnis mikro
15.
Penetuan segmentasi, target pasar,
dan positioning yang tepat merupakan keberhasilan perusahaan dalam memperoleh
keuntungan yang disebut ….
a.
marketing strength c. corporate strategy e. marketing
intermediaries
b.
financial strength d. product
development
16.
Kesempatan untuk melakukan kegiatan
penjualan maupun pembelian barang atau jasa untuk mencapai tujuan (keuntungan)
dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki disebut ….
a.
stertegi pemasaran c. peluang bisnis e. barang usaha
b.
pendapatan jasa d. penjualan
17.
Suatu bentuk analisis situasi
dengan mengidentifikasi berbagai factor secara sistematis terhadap kekuatan,
kelemahan suatu organisasi, dan kesempatan serta acaman dari lingkungan sekitar
untuk merumuskan strategi yang tepat bagi organisasi. Hal ini merupakan
definisi dari ….
a.
peluang bisnis c. analisis
bisnis e.
analisis SWOT
b.
strategi penetrasi pasar d. strategi pemasaran
18.
Analisis suatu kondisi yang
merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Hal ini
termasuk salah satu bagian dari analisis SWOT, yaitu ….
a.
opportunity b. weakness c.
strength d. threat e. corporate
19.
Situasi ataupun kondisi yang
merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Hal
ini termasuk salah satu bagian dari analisis SWOT, yaitu ….
a.
opportunity b. weakness c.
strength d. threat e. corporate
20.
Usaha perusahaan dalam meningkatkan
penjualan pada pasar yang telah ada melalui promosi dan distribusi secara
aktif. Berdasarkan strategi pemasaran untuk pasar yang telah ada, hal ini
termasuk jenis strategi ….
a.
market penetration c. market development e. integrasi horizontal
b.
integrasi vertical d. product
development
21.
Strategi pengembangan produk
merupakan usaha meningkatkan penjualan dengan cara mengembangkan produk-produk
baru yang ditujukan untuk pasar yang telah ada. Berdasarkan strategi pemasaran
untuk pasar yang telah ada, hal ini termasuk jenis strategi ….
a. market penetration c. market development e. integrasi horizontal
b. integrasi vertical d. product development
22.
Strategi untuk menambah efektivitas
atau efisiensi perusahaan dalam melayani pasar yang telah ada, termasuk jenis
strategi ….
a. concentric diversification c. market development e. integrasi horizontal
b. integrasi vertical d. product development
23.
Perusahaan perlu memikirkan untuk
menciptakan pasar baru yang memberi peluang pasar lebih baik. Perusahaan
kemudian membawa produk ke arah pasar yang baru. Strategi pasar yang dapat
dilakukan adalah ….
a. market penetration c. market development e. integrasi horizontal
b. integrasi vertical d. product development
24.
Perusahaan perlu memikirkan untuk
menciptakan pasar baru yang memberi peluang pasar lebih baik. Hal ini dilakukan
sebagai bagian dari usaha untuk mencari bentuk teknologi baru, distribusi, dan
pelanggan baru dengan tetap pada produk ini. Strategi pasar yang dapat
dilakukan adalah ….
a. market penetration c. market development e. conglomerate
diversification
b. concentric diversification d. product development
25.
Suatu strategi dengan menetapkan
harga tinggi dan promosi gencar. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam
tahap perkenalan, yaitu ….
a. rapid skimming strategy c. rapid penetration strategy e. slow penetration strategy
b. life cycle product strategy d. slow skimming strategy
26.
Suatu strategi dengan menetapkan
harga tinggi dengan promosi rendah. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam
tahap perkenalan, yaitu ….
a. rapid skimming strategy c. rapid penetration strategy e. slow penetration strategy
b. life cycle product strategy d. slow skimming strategy
27.
Suatu strategi dengan menetapkan
harga rendah dengan promosi rendah. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam
tahap perkenalan, yaitu ….
a. rapid skimming strategy c. rapid penetration strategy e. slow penetration strategy
b. life cycle product strategy d. slow skimming strategy
28.
Strategi perusahaan yang berusaha
memperluas pasar bagi mereknya dan menangani dua factor penentu volume
penjualan. Strategi pemasaran yang digunakan pada tahap ini adalah dengan cara
….
a. bauran pemasaran c. modifikasi pasar e. pengikut pasar
b. penantang pasar d. modifikasi produk
29.
Memodifikasi karakteristik produk
sedemikian rupa sehingga mampu mengajak konsumen baru atau mengajak konsumen
saat ini memakai merek perusahaan untuk mengonsumsi lebih banyak, adalah
strategi yang dinamakan ….
a. bauran pemasaran c. modifikasi pasar e. pengikut pasar
b. penantang pasar d. modifikasi produk
30.
Strategi pemasaran dengan cara
memodifikasi satu atau lebih bauran pemasaran. Hal ini merupakan strategi yang
digunakan pada tahap ….
a. pertumbuhan b. kedewasaan c. kemunduran d. perkenalan e. peningkatan
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan baik dan benar!
1. Jelaskan apa yang
dimaksud lingkungan bisnis.
2. Jelaskan apa
tujuan bisnis.
3. Sebutkan apa saja
lingkungan bisnis makro.
4. Jelaskan apa yang
dimaksud peluang bisnis.
5. Jelaskan maksud
dari analisis SWOT (masing-masing).
No comments:
Post a Comment