SOAL UAS PAT SEMESTER GANJIL Aswaja SMK Kelas XII - SMK Darut Taqwa Purwosari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

SOAL UAS PAT SEMESTER GANJIL Aswaja SMK Kelas XII

SOAL UAS PAT SEMESTER GANJIL Aswaja SMK Kelas XII

A. Pilihlah jawaban a, b, c, d, atau e yang paling tepat di tempat yang telah disediakan!

1.     Dibidang keagamaan Aswaja mengembangkan Sikap tengah yang berintikan kepada prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah-tengah kehidupan bersama. Nahdlatul Ulama dengan sikap dasar ini akan selalu menjadi kelompok panutan yang bersikap dan bertindak lurus dan selalu bersifat membangun serta menghindari segala bentuk pendekatan yang bersifat tatharuf (ekstrim). Sikap ini disebut….

a.     Sikap tawasuth dan i'tidal.                 c. Sikap Tawazun                                e. Sikap Tasamuh              

b.     Sikap Amar Ma'ruf Nahi Munkar       d. Sikap Ubudiyah                              

2.     Sikap toleran terhadap perbedaan pandangan baik dalam masalah keagamaan, terutama hal-hal yang bersifat furu' atau menjadi masalah khilafiyah, serta dalam masalah kemasya-rakatan dan kebudayaan. Sikap ini disebut….

a.     Sikap Amar Ma'ruf Nahi Munkar       c. Sikap Tasamuh                                e. Sikap tawasuth dan i'tidal             

b.     Sikap Tawazun                                    d. Sikap Ubudiyah                                                              

3.     Sikap seimbang dalam berkhidmah. Menyerasikan khidmah kepada Allah SWT, , khidmah kepada sesama manusia, serta kepada lingkungan hidupnya. Menyelaraskan kepentingan masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Sikap ini disebut….

a.     Sikap Amar Ma'ruf Nahi                     c. Munkar Sikap tawasuth dan i'tidal.              e. Sikap Tawazun                               

b.     Sikap Ubudiyah                                   d. Sikap Tasamuh                                              

4.     Selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan yang baik, berguna dan bermanfaat bagi kehidupan beragama; serta menolak dan mencegah semua hal yang dapat menjerumuskan dan merendahkan nilai-nilai kehidupan. Sikap ini disebut….

a.     Sikap Tawazun                    c. Sikap tawasuth dan i'tidal.                                                            

b.     Sikap Ubudiyah                   d. Sikap Tasamuh                                                               e. Sikap Amar Ma'ruf Nahi Munkar

5.     Menurut rumusan Imam Al-Asy'ari dalam bidang aqidah meliputi enam perkara yang lebih dikenal dengan rukun iman, yang bukan termasuk rukun iman adalah….

a.     Iman kepada Allah                              d. Iman kepada Kitab-kitab Allah

b.     Iman kepada Manusia                        e. Iman kepada Rasul-rasul Allah

c.     Iman kepada Malaikat Allah

6.     Orang mukmin dapat menjadi kafir kembali (riddah) apabila melakukan hal-hal berikut ini, kecuali….

a.     Ragu-ragu terhadap adanya Allah, kerasulan Nabi Muhammad
SAW, wahyu Alqur'an, hari Kiamat dan hari akhirat, serta alam
ghaib lainnya.

b.     Mempercayai suatu bentuk amaliah ibadah yang telah diwajibkan
oleh syari'ah Islam.

c.     Beritikad bahwa Allah disamakan seperti manusia yaitu bermata,
bertelinga, bermulut, bertangan, dan sebagainya.

d.     Menghalalkan  hal-hal yang  oleh  syariat Islam diharamkan
dengan jelas. Sebaliknya, mengharamkan hal-hal yang disyariat-
kan Islam sebagai halal.

e.     Mengingkari Alqur'an, meskipun  hanya sebagian kecil dari
ayat-ayatnya

7.     Manusia merupakan makhluk sosial yang diciptakan Allah, sebagai makhluk sosial maka pasti manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, agama Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, sudah mengatur bagaiman cara berhubungan antara manusia karena di dalam Islam sesama manusia adalah ….

a.     Bersaudara           b. Beriman            c. Berkompetisi    d. Berijtihad          e. Bersimpati

8.     Suatu sikap yang mencerminkan rasa persaudaraan, kerukunan, persatuan, dan solidaritas yang dilakukan seseorang terhadap orang lain atau suatu kelompok lain dalam berhubungan dengan masyarakat adalah pengertian….

a.     Ukhuwah               b. Ta’allam            c. Islamiah            d. Basyariyah       e. Wathoniyah

9.     Hubungan persaudaraan yang timbul karena merasa seagama sesama umat islam,yang saling bersaudara sesuai yang telah di terangkan Allah SWT didalam Al qur'an surat Al Hujarat disebut….

a.     Ukhuwah Insaniyah            c. Ukhuwah Islamiyah        e. Ukhuwah Wathoniyah

b.     Ukhuwah Alamiah              d. Ukhuwah Basyariyah

10.   NU telah merumuskan "Sembilan Pedoman Politik Warga NU", yaitu garis-garis pedoman bagi kaum Nahdliyyin wa Nahdliyyat dalam berpartisipasi di panggung politik. Sembilan Pedoman Politik Warga NU tersebut dirumuskan dalam Muktamar NU yang ke-28 yang di selenggarakan di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta pada tanggal 25-28 November 1989, diantara kesembilan pedoman politik tersebut kecuali….

a.        Berpolitik bagi Nahdlatul Ulama dengan dalih apa pun boleh dilakukan   dengan   mengorbankan   kepentingan   bersama   dan memecah belah persatuan.

b.                  Berpolitik bagi warga Nahdlatul Ulama mengendung arti keterlibatan warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara menyeluruh sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

c.         Poilitik bagi Nahdlatul Ulama adalah politik yang berwawasan kebangsaan dan menuju integrasi bangsa dengan langkah-langkah yang senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan untuk mencapai cita-cita bersama, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur lahir batin dan dilakukan sebagai amal ibadah menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

d.        Politik bagi warga Nahdlatul Ulamaadalahpengembangannilai-nilai kemerdekaan yang hakiki dan demokratis, mendidik kedewasaan bangsa untuk menyadari hak, kewajiban dan tanggungjawab untuk mencapai kemaslahatan bersama.

e.        Berpolitik bagi warga Nahdlatul Ulama haruslah dilakukan dengan moral, etika, dan budaya berketuhanan yang Maha Esa, berprike- manusiaan yang adil dan beradab, menjunjung tinggi persatuan dan   kesaatuan   Indonesia,   berkerakyatan  yang   dipimpin   oleh
hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

11.   Jujur, benar, keterbukaan, tidak bohong, serta satunya hati antara kata dan perbuatan. Setiap warga nahdhliyyin, mula-mula dituntut jujur kepada diri sendiri, kemudian kepada orang lain. Da\am mu'amalah dan bertransaksi harusmengikutisifat al-shidqu ini sehingga lawan dan kawan kerjanya tidak khawatir tertipu, inilah salah satu   prinsip Mabadi' Khairul Ummah, yaitu….

a.     Al-amanah wa al-wafa' bi al-'ahdi, d. Al-shidqu,

b.     Al-khoiru,                                                               e. Al-istiqomah

c.     Ta'awun,

12.   Dapat dipercaya meme-gang tanggung jawab dan memenuhi janji, Salah satu di antara syarat warga NU agar sukses dalam menjalankan kehidupan haruslah tepercaya dan menepati janji serta disiplin memenuhi agenda. , inilah salah satu   prinsip Mabadi' Khairul Ummah, yaitu….

a.     Al-shidqu,                    d. Al-amanah wa al-wafa' bi al-'ahdi,

b.     Al-khoiru,                               e. Al-istiqomah

c.     Ta'awun,

13.   Tolong menolong atau saling menolong antara sesama dalam kehidupan. Ini sesuai denganjati diri manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa ada kerjasama dengan makhluk lainnya: sesama manusia, dengan binatang, maupun dengan alam sekitar. Setiap warga nahdliyyin harus menyadari posisinya di tengah masyarakat, harus bisa menempatkan diri, bersedia menolong dan butuh pertolongan, inilah salah satu   prinsip Mabadi' Khairul Ummah, yaitu….

a.     Al-shidqu,        c. Al-amanah wa al-wafa' bi al-'ahdi,          e. Al-istiqomah

b.     Ta'awun,                d. Al-khoiru,

14.   Sikap mantap, tegak, konsisten, dan tidak goyah oleh godaan yang menyebabkan menyimpang dari aturan hukum yang perundangan. Di dalam Alqur'an dijanjikan kepada orang yang beriman dan beristiqamah, akan memperoleh kecerahan hidup, terhindardari ketakutan,dan kesusahan sehingga ujungnya mendapatkan kebahagiaan, inilah salah satu   prinsip Mabadi' Khairul Ummah, yaitu….

a.     Al-shidqu,

b.     Al-amanah wa al-wafa' bi al-'ahdi,

c.     Al-istiqomah

d.     Al-khoiru,

e.     Ta'awun,

15.   Persaudaraan yang berlaku pada semua manusia secara menyeluruh tanpa melihat perbedaan agama ras, warna kulit, suku, bangsa dan lainya disebut….

a.     Ukhuwah Insaniyah            d. Ukhuwah Basyariyah

b.     Ukhuwah Alamiah              e. Ukhuwah Wathoniyah

c.     Ukhuwah Islamiyah

16.   Hambatan hambatan dalam melestarikan ukhuwah diantaranya

a.     Fanatisme                             d. Saling menghargai

b.     Paganisme                           e. Saling menyayangi

c.     Kebersamaan

17.   Dalam menyikapi tantangan zaman Nahdlatul Ulama memiliki dua wajah, pertama, sebagai organisasi formal   struktural  yang   mengikuti   mekanisme  organisasi   modern seperti memiliki pengurus, pengesahan pengurus, pemilihan pengurus, anggota, iuran, rapat-rapat resmi, keputusan-keputusan resmi, dan lain sebagainya, wajah ini disebut….

a.     Wajah Jam'iyyah                 d. Wajah Keilmuan

b.     Wajah Jama’ah                   e. Wajah Perdagangan

c.     Wajah Partai Politik

18.   Wajah kedua adalah kelompok ideologis kultural yang mempunyai pandangan, wawasan keagamaan dan budaya ala NU, wajah ini disebut…

a.     Wajah Jam'iyyah                 d. Wajah Keilmuan

b.     Wajah Jama’ah                   e. Wajah Perdagangan

c.     Wajah Partai Politik

19.             Landasan berfikir, bersikap, dan bertindak warga Nahdlatul Ulama yang harus tercermin dalam tingkah laku perseorangan, dalam perilaku organisasi,
serta dalam proses pengambilan keputusan, hal ini disebut….

a.     Khitthah Nahdlatul Ulama                 d. Metode dakwah Nahdlatul Ulama

b.     Nilai Dasar Nahdlatul Ulama            e. Kultur Nahdlatul Ulama

c.     Ukhuwah Nahdlatul Ulama

20.   Khittah. secara bahasa berarti....

a.     Pokok     b. Garis    c. Awal   d. Sikap     e. Toleransi

21.   Dari segi bahasa, kata Islam memang sebentuk (musytaq) dengan Salam. Oleh karena itu pemahaman kulit Islam yang paling luar adalah bahwa Islam identik dengan Sala, kata Salam bermakna….

a.     Persaudaraan      b. Kedamian         c. Kekeluargaan  d. Kebencian        e. Toleransi

22.   Islam merupakan kata kunci yang menjadi penutup bagi sejarah agama-agama samawi, Islam merupakan bahasa abadi Tuhan untuk seluruh manusia. Sebuah prestasi agung telah diperankan dengan baik oleh seorang Rasul "ummi", Kata Ummi bermakna….

a.     Ibu

b.     Tidak bisa membaca dan menulis

c.     Tidak pernah salah

d.     Tidak bisa melihat

e.     Tidak bisa mendengar

23.   Sikap Ahlussunah wal Jama'ah adalah tidak memisah-misahkan antara Iman, Islam, dan Ihsan, artinya bahwa antara keyakinan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas menjadi satu kesatuan dan tidak berdiri sendiri. Berikan contoh perbuatan Islam….

a.     Percaya adanya Allah SWT

b.     Melaksanakan sholat

c.     Percaya dan yakin bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah SWT

d.     Percaya Malaikat Allah SWT

e.     Berbuat baik pada semua makhluk Allah SWT

24.   Sebagai seorang Muslim Sunni, khususnya sebagai warga Nahdlatul Ulama, hendaknya kita mempunyai keyakinan yang teguh terhadap kebenaran ajaran Nahdlatul Ulama. Keyakinan disini bukan karena mengharapkan kemungkinan adanya keuntungan dari Nahdlatul Ulama tetapi berupa keyakinan yang tulus dan ikhlas, apa artinya ikhlas….

a.     Melaksanakan perbuatan karena takut  guru

b.     Melaksanakan perbuatan karena suka pada seseorang

c.     Melaksanakan perbuatan karena Allah SWT

d.     Melaksanakan perbuatan karena ingin dipuji

e.     Melaksanakan perbuatan karena takut siksaan Allah SWT

25.   Dalam memahami, menafsirkan Islam dari sumber-sumbernya, NahdIatuI Ulama mengikuti paham Ahlussunnah wal
Jama'ah dan menggunakan jalan pendekatan madzhab, Di bidang aqidah, NahdIatuI Ulama mengikuti ahlussunnah
wal Jama'ah yang dipelopori oleh….

a.                  Abu Hanifah, ImamMalik bin Anas, Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi'I danImam Ahmad bin Hanbal.

b.                  Imam al-Junaid al-Baghdadi dan Imam al-Ghazali

c.                   Imam Bukhori dan Imam Muslim

d.                  Sufyan bin Uyainah dan Al Fudhail bin Iyadh

e.                  Imam Abul Hasan al-Asy'ari dan Imam Manshur Al-Maturidi

26.     NahdIatuI Ulama mengikuti berpendirian bahwa Islam adalah agama yang fitri, apa yang dimaksud fitri….

a.     Membuat metode dakwah baru sesuai perkembangan zaman

b.     Menyucikan dosa-dosa orang-orang melakukan maksiat

c.     Mengambil nilai-nilai lama yang baik dan tidak mau dengan metode baru

d.     Menghadapi masalah agama dan negara dengan radikal

e.     Menyempumakan nilai-nilai baik yang sudah ada dan menjadi milik serta ciri-ciri suatu kelompok manusia

27.   Dasar-dasar paham keagamaan NU dan sikap kemasyarakatan NU membentuk perilaku warga Nahdlatul Ulama, baik dalam tingkah laku perorangan maupun organisasi. Perilaku warga Nahdliyin adalah sebagai berikut, kecuali….

a.                  Menjunjung tinggi nilai-nilai maupun norma-norma ajaran Islam.

b.        Mendahulukan    kepentingan    bersama    dari pada    kepentingan pribadi.

c.         Menjunjung tinggi sifat keikhasan dan berkhidmat serta berjuang.

d.        Menjunjung tinggi persaudaraan {al-ukhuwwah), persatuan (o/-ittihad) serta kasih mengasihi.

e.        Menjunjung tinggi kesetiaan (loyalitas) kepada golongan sendiri.

28.   Penduduk Indonesia tinggal di lebih dari 17.000 pulau, memanjang dari Barat hingga Timur hampir seperdelapan lingkar bumi. Jam'iyyah Nahdlatul Ulama merupakan salah satu komunitas yang hidup di di dalamnya. Sejak semula Nahdlatul Ulama menyadari dan memahami bahwa keberadaannya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keanekaragaman itu. Oleh karena itu, Nahdlatul Ulama ikut berperan dalam menentukan arah bangsa ini berjalan. Dalam hal ini, Nahdlatul Ulama mendasari dengan empat semangat. Empat semangat tersebut adalah sebagai berikut, kecuali….

a.        Ruh at-tadayun                                 d. Ruh al-insaniyyah.

b.        Ruh al-wathaniyah                           e. Ruh Rabbaniyah

c.                   Ruh at-ta'addudiyah

29.   Nahdlatul Ulama mendorong warganya untuk senantiasa meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama. Bagi Nahdlatul Ulama, Islam adalah agama yang ramah dan damai. Dengan nilai-nilai ke-lndonesia-an yang terkandung dalam Islam, semangat dan sikap ini disebut Ruh….

a.        Ruh al-wathaniyah                              d. Ruh al-insaniyyah.

b.        Ruh at-ta'addudiyah                            e. Ruh Rabbaniyah

c.     Ruh at-tadayun

30.   Nahdlatul Ulama sadar bahwa keanekaragaman bangsa ini harus dipertahankan. Oleh sebab itulah, keberagaman yang ada di Indonesia jangan sampai memecah-belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). semangat dan sikap ini disebut Ruh….

a.        Ruh at-tadayun                                    d. Ruh al-insaniyyah.

b.        Ruh al-wathaniyah                              e. Ruh Rabbaniyah

c.                   Ruh at-ta'addudiyah

31.   Formulasi ukhuwah berupa sikap kerukunan, persatuan dan solidaritas antara seseorang dengan orang lain ‘ala Ahlussunnah wal jama’ah NU dinamakan...

a.     Ukhuwah                                               d. Ukhuwah basariyah

b.     Nahdliyah                                              e. Ukhuwah wathaniyah

c.     Ukhuwah Nahdliyah

32.   Dalam bahasa Arab  pengertian ukhuwah adalah ....

a.     Pertikaian              b. Persaudaraan  c. Perselisihan      d. Persamaan       e. Perbedaan

33.   Sikap taawun sangat lah penting untuk memelihara ukhuwah apa persamaan kata taawun

a.   Tolong menolong                

b.   Saling menyayangi

c.    Saling menghormati

d.   Saling meneladani

34.   Orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara merupakan kandungan dari Qur’an Surat...

a.     Al-Hujurat (49) : 10                              d. Al-Hujurat (49) : 20

b.     Ali-Imran (3) : 103                               e. Ali-Imran (3) : 113

c.     Al-Maidah (5) : 48

35.   Titik tolak problematika yang dapat menghambat wawasan ukhuwah nahdliyah adalah...

a.     Keanekaragaman unsur pendukung bangsa                               d. Sikap fanatisme ketika berinteraksi

b.     Konflik etnis dan aliran keagamaan                                               e. Benturan antar budaya

c.     Adanya aliran keagamaan yang menyimpang

36.   Ukhuwah wathaniyah adalah pesaudaraan yang timbul karena ....

a.      Setanah air        b. Seagama          c. Sesuku              d. Sesama manusia           e. Sesama makhluk

37.   Selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan baik adalah arti...

a.     Amal shalih                                           d. Amar ma’ruf

b.     Beriman kepada Allah                        e. Amar ma’ruf nahi mungkar

c.     Beriman dan beramal shalih

38.   Sumbangsih NU terhadap budaya Islam terletak  pada kemampuannya...

a.     Mengadaptasi budaya lokal dan memberikan nilai-nilai islam didalamnya

b.     Mengganti budaya lokal degan budaya Islam

c.     Menghapus budaya lokal yang masih kental dengan budaya Hindu secara sporadic

d.     Memperlakukan budaya lokal secara destruktif

e.     Membuat budaya baru yang murni Islam

 

39.   Paradigma yang berdasarkan pada paham Ahlusnnah wal jama’ah yang dijadikan landasan berfikir warga NU untuk menentukan arah perjuangan dalam rangka perbaikan umat disebut...

a.     Qaidah fiqhiyah                                   d. Al-adalah muhakkamah

b.     Al-masalah wa al-mafsadah             e. Al-uswah al-hasanah

c.     Fikrah nahdliyah

40.   Perilaku budaya warga NU adalah mempertahankan kebaikan warisan masa lalu dan mengkreasi hal baru yang lebih baik, mengikuti qaidah fiqh...

a.     ما لا يدرك كله لا يدركك كله

b.     دفع المفاسد مقدم على جلب المصالح

c.     المحافظة على القديم الصالح والاخذ بالجديد الاصلح

d.     الحكم يدور مع علة

e.     العادة محكمة مالم تخالف الشرع

41.   Prinsip-prinsip yang melandasi terbentuknya ummat yang terbaik adalah pengertian dari….

a.     Iman       b. Islam  c. Ummat              d. Ummat islam   e. Mabadi khoiro ummah

42.   Perumus Mabadi khaira ummah pada muktamar tahun 1939 di magelang adalah….

a.     KH.Ahmad siddiq                                                d. KH.Abdul wahid Hasyim

b.     KH.Hasyim Asy‘Ari                              e. KH.Abdul wahab Hasbullah

c.     KH.Machfud Shiddiq

43.   Butir-butir Mabadi khaira ummah kali pertama dicetuskan terdiri atas

a.     Al adalah, al istiqomah

b.     As shidqu, al amanah, at ta’awun

c.     As shidqu, al istiqomah, al adalah

d.     Al adalah, al istiqomah, at ta’awun

e.     Al shiqu, al amanah, , al adalah, at ta’awun, al istiqomah

44.   Dalam AD/ART NU, Warga NU harus menganut salah satu dari empat madzhab. hal ini nenunjukkan contoh perilaku warga NU di bidang…

a.     Akidah                   b. Fikih                   c. Tasawuf            d. Tasamuh          e. Tawasshuth

45.   Sesuai perkembangan zaman dan kemajuan ekonomi, mabadi khaira ummah as salasah dikembangkan menjadi mabadi khaira ummah al khamsah pada Munas Alim Ulama dan Konbes NU di….

a.     Semarang tahun 1984

b.     Bandar lampung 1992

c.     Bandar lampung 1994

d.     Magelang tahun 1994

e.     Surabaya tahun 1994

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!

 

1.     Dalam hidup berbangsa dan bernegara, Nahdlatul Ulama mempunyai tiga sikap ukhuwah yaitu 1. Ukhuwah Islamiyah, 2. Ukhuwah Basyariyah dan 3. Ukhuwah Wathoniyah berikan contoh masing-masing

2.     Tuliskan pemahaman kalian  mengenai pengertian Khittah Nahdliyyah

3.     Dalam memahami, menafsirkan Islam dari sumber-sumbernya, NahdIatul Ulama mengikuti paham Ahlussunnah wal Jama'ah dan menggunakan jalan pendekatan madzhab, di bidang aqidah, fiqih dan tasawuf, jelaskan….

4.     Salah satu dasar-dasar paham keagamaan Nahdlatul Ulama menumbuhkan sikap kemasyarakatan yaitu sikap tawasth dan I’tidal, berikan contohnya dalam kehidupan…

5.     Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) siap digunakan untuk ajang balap motor. Tahun 2022 depan, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi balapan motor MotoGP. Sebelum digunakan, Sirkuit Mandalika terlebih dahulu akan diresmikan. Presiden Joko Wododo dijadwalkan meresmikan Sirkuit Mandalika hari ini, Jumat (12/11/2021). Pembangunan Sirkuit Mandalika sudah dimulai sejak akhir tahun 2019. Total biaya pembangunan Sirkuit Mandalika mencapai Rp 1,1 triliun. Dengan diresmikannya sirkuit berstandar internasional tersebut, bisa mulai digelar berbagai event besar seperti World Superbike. Sirkuit Mandalika tercatat atau masuk dalam kalender balap World Superbike (WSBK) 2021. Rencananya, balapan WSBK 2021 digelar Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021. Apa dampak Sirkuit Madalika bagi Indonesia menurut analisis  perspektif prinsip Mabadi' Khairul Ummah ….