Soal UTS SMK Kelas X BDP Perencanaan Bisnis - SMK Darut Taqwa Purwosari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Soal UTS SMK Kelas X BDP Perencanaan Bisnis

Soal UTS SMK Kelas X BDP  Perencanaan Bisnis

A. Pilihlah jawaban a, b, c, d, atau e yang paling tepat di tempat yang telah disediakan!

1.         Keseluruhan faktor atau keadaan eksternal badan usaha atau industri yang memengaruhi kegiatan dan kinerja bisnis merupakan lingkungan ….

a.     bisnis                   b. internal              c. eksternal            d. unsur bisnis                       e. elemen bisnis

2.         Membujuk orang agar mau membeli produk dan jasa yang kita buat, berkeinginan untuk memakai jasa yang kita tawarkan sehingga produk dan jasa yang kita buat bisa beredar, berkembang dan dikenal masyarakat luas sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Hal ini merupakan ….

a.     produksi masal                 c. transaksi keuangan                         e. elemen bisnis

b.     tujuan bisnis                                      d. unsur bisnis

3.         Suatu cara bagaimana karyawan dan sumber lain (seperti mesin) dapat digunakan oleh perusahaan secara maksimal. Hal ini merupakan fungsi bisnis berupa ….

a.     manajemen perusahaan c. keuanangn perusahaan e. pemasaran produk

b.     sistem informasi                               d. akuntansi keuangan

4.         Suatu cara bagaimana produk (jasa) dikembangkan dan ditentukan harganya, disebarkan dan dipromosikan kepada pelanggan. Hal ini merupakan fungsi ….

a.     manajemen ritel                               c. manajemen personalia  e. pemasaran produk

b.     sistem informasi                               d. akuntansi keuangan

5.         Suatu hasil informasi yang bisa digunakan oleh manager perusahaan untuk membuat keputusan penting dalam berbisnis. Hal ini merupakan fungsi ….

a.     manajemen personalia   c. manajemen keuangan   e. pemasaran produk

b.     sistem informasi                               d. akuntansi keuangan

6.         Lingkungan bisnis yang meliputi tanah, iklim, topografi, udara, air, dan infrastruktur merupakan ….

a.     lingkungan fisik                c. hubungan internasional e. iklim perekonomian

b.     kebijakan pemerintah                     d. lingkungan demografi

7.         Lingkungan yang memengaruhi kegiatan usaha perusahaan yang menghasilkan dan mendistribusikan barang atau jasa merupakan unsur lingkungan bisnis ….

a.     sistem informasi                               c. skala internasional                          e. perekonomian

b.     kebijakan pemerintah                     d. sosial budaya

8.         Bantuan pemerintah yang diberikan di bidang bisnis untuk mengembangkan perusahaan kecil maupun perusahaan besar merupakan unsur lingkungan bisnis ….

a.     manajemen ritel                               c. hubungan internasional e. hubungan multinasional

b.     kebijakan pemerintah                     d. partisipasi global

9.         Suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berbeda dalam suatu wilayah, tanpa melewati batas negara atau di luar kota disebut ….

a.     perusahaan internasional               c. perusahaan global                           e. bisnis tradisional

b.     perusahaan multinasional              d. bisnis domestik

10.      Lingkungan bisnis yang mempunyai hubungan dengan negara lain dan perusahaan asing seperti memiliki pangsa pasar di luar negeri merupakan tingkatan partisipasi perusahaan ….

a.     hokum perdata                 c. internasional                                     e. hokum pidana

b.     multinasional                                    d. perekonomian

11.      Pasar yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mengambil laba, merupakan jenis pasar ….

a.     konsumen          b. domestic           c. penjual              d. pemerintah       e. internasional

12.      Lembaga-lembaga pemerintah yang membeli produk dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum, atau mengalihkan barang dan jasa itu kepada pihak lain yang membutuhkan disebut pasar ….

a.     konsumen          b. domestic           c. penjual              d. pemerintah       e. internasional

13.      Masyarakat keuangan yang memiliki kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana dari bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, dan para pemegang saham merupakan jenis masyarakat ….

a.     konsumen          b. pemasok           c. palanggan         d. pemerintah       e. keuangan utama

14.      Organisasi yang menyiarkan berita, karangan, dan tajuk rencana disebut jenis masyarakat ….

a.     media          b. bisnis internal           c. bisnis eksternal      d. bisnis makro               e. bisnis mikro

15.      Penetuan segmentasi, target pasar, dan positioning yang tepat merupakan keberhasilan perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang disebut ….

a.     marketing strength                           c. corporate strategy                           e. marketing intermediaries

b.     financial strength                              d. product development

16.      Kesempatan untuk melakukan kegiatan penjualan maupun pembelian barang atau jasa untuk mencapai tujuan (keuntungan) dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki disebut ….

a.     stertegi pemasaran                           c. peluang bisnis                   e. barang usaha

b.     pendapatan jasa                              d. penjualan

17.      Suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai factor secara sistematis terhadap kekuatan, kelemahan suatu organisasi, dan kesempatan serta acaman dari lingkungan sekitar untuk merumuskan strategi yang tepat bagi organisasi. Hal ini merupakan definisi dari ….

a.     peluang bisnis                                    c. analisis bisnis                                    e. analisis SWOT

b.     strategi penetrasi pasar    d. strategi pemasaran

 

18.      Analisis suatu kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Hal ini termasuk salah satu bagian dari analisis SWOT, yaitu ….

a.     opportunity        b. weakness          c. strength              d. threat e. corporate

19.      Situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Hal ini termasuk salah satu bagian dari analisis SWOT, yaitu ….

a.     opportunity        b. weakness          c. strength              d. threat e. corporate

20.      Usaha perusahaan dalam meningkatkan penjualan pada pasar yang telah ada melalui promosi dan distribusi secara aktif. Berdasarkan strategi pemasaran untuk pasar yang telah ada, hal ini termasuk jenis strategi ….

a.     market penetration                          c. market development                      e. integrasi horizontal

b.     integrasi vertical                                d. product development

21.      Strategi pengembangan produk merupakan usaha meningkatkan penjualan dengan cara mengembangkan produk-produk baru yang ditujukan untuk pasar yang telah ada. Berdasarkan strategi pemasaran untuk pasar yang telah ada, hal ini termasuk jenis strategi ….

a.   market penetration                          c. market development                      e. integrasi horizontal

b.   integrasi vertical                                d. product development

22.      Strategi untuk menambah efektivitas atau efisiensi perusahaan dalam melayani pasar yang telah ada, termasuk jenis strategi ….

a.  concentric diversification c. market development                      e. integrasi horizontal

b.  integrasi vertical                 d. product development

23.      Perusahaan perlu memikirkan untuk menciptakan pasar baru yang memberi peluang pasar lebih baik. Perusahaan kemudian membawa produk ke arah pasar yang baru. Strategi pasar yang dapat dilakukan adalah ….

a.   market penetration                          c. market development                      e. integrasi horizontal

b.   integrasi vertical                                d. product development

24.      Perusahaan perlu memikirkan untuk menciptakan pasar baru yang memberi peluang pasar lebih baik. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari usaha untuk mencari bentuk teknologi baru, distribusi, dan pelanggan baru dengan tetap pada produk ini. Strategi pasar yang dapat dilakukan adalah ….

a.  market penetration                           c. market development                      e. conglomerate diversification

b.  concentric diversification d. product development

25.      Suatu strategi dengan menetapkan harga tinggi dan promosi gencar. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam tahap perkenalan, yaitu ….

a.  rapid skimming strategy   c. rapid penetration strategy              e. slow penetration strategy

b.  life cycle product strategy                d. slow skimming strategy

26.      Suatu strategi dengan menetapkan harga tinggi dengan promosi rendah. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam tahap perkenalan, yaitu ….

a.  rapid skimming strategy   c. rapid penetration strategy              e. slow penetration strategy

b.  life cycle product strategy                d. slow skimming strategy

27.      Suatu strategi dengan menetapkan harga rendah dengan promosi rendah. Hal ini merupakan strategi pemasaran dalam tahap perkenalan, yaitu ….

a.  rapid skimming strategy   c. rapid penetration strategy              e. slow penetration strategy

b.  life cycle product strategy                d. slow skimming strategy

28.      Strategi perusahaan yang berusaha memperluas pasar bagi mereknya dan menangani dua factor penentu volume penjualan. Strategi pemasaran yang digunakan pada tahap ini adalah dengan cara ….

a.  bauran pemasaran                            c. modifikasi pasar                              e. pengikut pasar

b.  penantang pasar                                d. modifikasi produk

29.      Memodifikasi karakteristik produk sedemikian rupa sehingga mampu mengajak konsumen baru atau mengajak konsumen saat ini memakai merek perusahaan untuk mengonsumsi lebih banyak, adalah strategi yang dinamakan ….

a.  bauran pemasaran                            c. modifikasi pasar                              e. pengikut pasar

b.  penantang pasar                                d. modifikasi produk

30.      Strategi pemasaran dengan cara memodifikasi satu atau lebih bauran pemasaran. Hal ini merupakan strategi yang digunakan pada tahap ….

a.  pertumbuhan         b. kedewasaan c. kemunduran             d. perkenalan               e. peningkatan

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!

1.  Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan bisnis.

2.  Jelaskan apa tujuan bisnis.

3.  Sebutkan apa saja lingkungan bisnis makro.

4.  Jelaskan apa yang dimaksud peluang bisnis.

5.  Jelaskan maksud dari analisis SWOT (masing-masing).